Cara Mudah Hilangkan Bekas Hitam pada Kulit


Tak hanya masalah jerawat saja yang dapat menganggu penampilan. Masalah bagian kulit tertentu yang lebih hitam atau gelap dari bagian kulit lainnya juga mampu membuat rasa percaya diri Moms menciut, bukan?

Misal, kulit lengan sudah putih mulus tapi bagian sikunya gelap atau memiliki kaki jenjang tapi bagian lututnya hitam. Meski hanya sebagian, tapi dirasa cukup mengganggu penampilan. Jangan risa, dr. Abraham Arimuko, SpKK, MARS, dari Departemen Kulit dan Kelamin, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, siap memberikan tip untuk menghilangkannya!

Multifaktor

Memang, bagian tubuh tertentu ada yang berwarna lebih gelap dibanding bagian tubuh lainnya. Seperti daerah lipatan kulit di daerah siku, lutut, leher, bawah ketiak, lipatan pangkal paha (selangkangan), bawah tumit dan pantat.

Ini dikarenakan bagian-bagian tubuh tersebut cenderung lebih kering dan mengandung pigmen kulit (melanin) yang lebih banyak sehingga memicu terjadinya warna kulit yang lebih gelap.

Menghitamnya daerah-daerah tersebut disebabkan banyak hal. Faktor dari dalam (endogen) yaitu eksim, alergi, dan penyakit metabolik. Sedangkan dari luar (eksogen) seperti iritasi, trauma, gesekan atau benturan, dan paparan sinar matahari, sahut dr. Abraham.

Bisa Dicegah, Kok!



Sebenarnya, sebelum kulit menghitam dapat dicegah dengan perawatan dini. Berikut tindakan yang bisa dilakukan:

a)      Gunakan pelembab. Tujuannya agar kulit lebih sehat dan melindungi dari iritasi. Kelainan kulit timbul karena kulit sensitif, kulit menjadi sangat kering sehingga pertahanan terhadap rangsangan dari luar menurun.
b)      Pemutih. Sebaiknya berhati-hati menggunakan pemutih. Konsultasikan lebih dulu dengan dokter kulit atau beauty advisor.
c)       Kalau kulit Moms sensitif terhadap deodorant, gunakan produk yang tidak mengandung deodorant. Sebaiknya gunakan bahan alami seperti tawas.
d)      Jika kulit terasa gatal jangan digaruk. Menggaruk justru akan merangsang kulit untuk mengeluarkan mediator-mediator yang membuat proses gatal bertambah. Mintalah obat penyakit anti gatal pada dokter kulit.
e)      Jaga area lipatan kulit agar tidak basah, berkeringat, dan lembap. Pasalnya dapat memicu tumbuhnya jamur dan kerusakan kulit. Dampaknya kulit dapat menghitam.


Sumber: Tabloid Mom & Kiddie 

Semoga artikel Cara Mudah Hilangkan Bekas Hitam pada Kulit bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel Cara Mudah Hilangkan Bekas Hitam pada Kulit ini, like dan bagikan ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Tips Kesehatan Wanita | Template by Desain Rumah Minimalis Modern and Harga Samsung