Cedera Hamstring Seperti Lionel Messi? Atasi dengan 6 Langkah Ini


Messi cedera (Getty Image/Clive Rose)

Jakarta, Cedera hamstring menghantui mereka yang melakukan lari cepat. Cedera hamstring baru-baru ini dialami pesepakbola asal Barcelona FC, Lionel Messi. Nah, apa yang harus dilakukan saat seseorang mengalami cedera hamstring?

"Keluhan pertama yang dialami atlet saat terjadi cedera hamstring adalah nyeri tajam mendadak di paha bagian belakang," terang dokter spesialis bedah orthopedi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT, kepada detikHealth, Kamis (4/4/2013).

Biasanya begitu mengalami nyeri yang tajam, atlet segera menghentikan laju larinya dan melompat-lompat kesakitan dengan bertumpu pada kaki yang sehat. Beberapa waktu setelah itu dapat disertai dengan pembengkakan dan memar.

Untuk menangani seseorang yang mengalami cedera hamstring bisa dilakukan dengan 6 cara yang disingkat CRIMES berikut:

1. Compression: Lakukan pembebatan dengan menggunakan elastic bandage
2. Rest: Mengistirahatan kaki yang mengalami cedera
3. Ice: Memberi kompres dingin/es
4. Medication: Pemberian obat anti-inflamasi
5. Elevation: Meninggikan posisi kaki yang cedera terhadap tubuh (posisi tubuh berbaring)
6. Support: Memakai alat bantu jalan, seperti kruk (crutches).

"Cedera hamstring adalah cedera yang terjadi pada sekelompok otot yang terdapat di paha bagian belakang, yaitu semitendinosus, semimembranosus, biceps femoris. Fungsi otot-otot ini adalah untuk menekuk sendi lutut (knee flexion) dan meluruskan sendi panggul (hip extension)," terang dr Megaputra.

Cedera tersebut terjadi karena otot-otot mengalami beban kerja yang melebihi kapasitasnya (overload) atau karena merespons beban besar secara mendadak. Nah, cedera ini sering terjadi pada orang yang dituntut melakukan lari cepat (sprint), seperti dalam olahraga sepak bola, bola basket, dan balap lari.

Seseorang berisiko mengalami cedera hamstring apabila kurang melakukan pengkondisian sebelum bertanding sehingga hamstringnya tegang (tight) atau terjadi ketidakseimbangan antar otot (imbalance). Cedera hamstring juga rentan terjadi pada otot yang mengalami kelelahan (fatigue).

Jenis cedera hamstring ini dapat berupa regangan/tarikan (strain), robekan, hingga tercabutnya otot dari perlekatannya di tulang (avulsion injury). Cedera hamstring yang berat berupa robekan total (total rupture) atau avulsion injury menyebabkan atlet kehilangan fungsi http://www.toko-alkes.com/otot hamstring yang mengalami cedera itu.

"Lokasi cedera hamstring yang tersering adalah pada pertengahan otot dan tempat pertemuan antara otot dan tendonnya," sambung dr Megaputra.

Pemeriksaan dan Penanganan Lanjut

Pemeriksaan rontgen akan bermanfaat pada kasus avulsion injury, di mana akan tampak serpihan tulang yang tercabut bersama tendon. Magnetic Resonance Imaging (MRI) sangat baik untuk melihat jenis cedera hamstring dan menentukan derajat keparahannya.

"Terapi bergantung kepada derajat keparahan hamstring. Non-pembedahan dilakukan pada kasus regangan/tarikan (strain)," ucap dr Megaputra.

Pembedahan dilakukan pada kasus robekan total (total rupture) untuk menyambung kembali otot yang robek dan avulsion injury untuk melekatkan kembali serpihan tulang yang tercabut bersama tendon. Sedangkan masa pemulihan cedera hamstring bervariasi. Untuk cedera akibat regangan/ tarikan memerlukan waktu sekitar 3 minggu. Sementara untuk kasus yang lebih berat avulsion injury memerlukan waktu 3-6 bulan bergantung pada lokasinya.

Bagaimana dengan Lionel Messi yang mendapatkan cedera saat bertanding di laga pertama perempat final Liga Champions Eropa melawan Paris Saint Germain (PSG) pada Rabu (3/4) kemarin? Menurut Barcelona, sang bintang tidak mengalami cedera separah yang dibayangkan. Namun demikian, Messi dipastikan absen melawan Real Mallorca dalam lanjutan La Liga, pekan depan untuk memulihkan kondisinya.

Semoga artikel Cedera Hamstring Seperti Lionel Messi? Atasi dengan 6 Langkah Ini bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel Cedera Hamstring Seperti Lionel Messi? Atasi dengan 6 Langkah Ini ini, like dan bagikan ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Tips Kesehatan Wanita | Template by Desain Rumah Minimalis Modern and Harga Samsung