Riset: Beri Iming-iming Duit, Dijamin Diet Akan Lebih Sukses


Jakarta, Banyak orang susah payah menjalankan program diet, tetapi akhirnya gagal karena berbagai hal termasuk kurangnya motivasi. Sebuah penelitian membuktukan ada cara mudah meningkatkan keberhasilan, yakni dengan memberi iming-iming duit.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Mayo Clinic tersebut menunjukkan bahwa program diet menurunkan berat badan cenderung membuahkan hasil yang memuaskan jika disertai iming-iming berupa uang. Makin besar iming-imingnya, makin banyak penurunan berat badan yang dialami.

"Hadiah finansial mendorong orang untuk menurunkan berat badan, menurut penelitian terbaru terhadap sejumlah besar partisipan dalam periode penelitian yang lebih lama," kata Dr Steven Driver dari Mayo Clinic seperti dikutip dari Medical News Today, Jumat (8/3/2013).

Dalam penelitiannya, Dr Driver melibatkan 100 orang karyawan Mayo Clinic dan keluarganya yang dipilih secara acak. Usia partisipan berkisar antara 18-63 tahun dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) berkisar antara 30-39,9 kg/m2 sehingga tergolong obesitas.

Para paritispan dibagi dalam 4 kelompok, 2 kelompok dengan iming-iming dan 2 kelompok tidak diberi iming-iming apapun. Iming-imingnya adalah jika target penurunan berat badan terpenuhi, akan diberi uang US$ 20 atau sekitar Rp 194 ribu/bulan selama 12 bulan.

Hasilnya, tampak adanya perbedaan yang signifikan pada hasil pencapaian target di akhir penleitian. Di kelompok yang diberi iming-iming, 62 persen partisipan sukses mencapai target sedangkan di kelompok yang tidak diberi iming-iming hanya 26 persen yang sukses.

"Pesan yang bisa dipetik dari penelitian ini adalah bahwa penurunan berat badan yang sustain (berkelanjutan) bisa didapat dengan insentif (imbalan) finansial. Insentif finansial bisa meningkatkan hasil, serta meningkatkan kepatuhan," tambah Dr Driver.

Semoga artikel Riset: Beri Iming-iming Duit, Dijamin Diet Akan Lebih Sukses bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel Riset: Beri Iming-iming Duit, Dijamin Diet Akan Lebih Sukses ini, like dan bagikan ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Tips Kesehatan Wanita | Template by Desain Rumah Minimalis Modern and Harga Samsung